Perawatan Bulu Sampai Kandang Dingin, 7 Cara Simpel Merawat Anjing Alaskan Malamute Cocok Buat Para Pemula

Perawatan Bulu Sampai Kandang Dingin, 7 Cara Simpel Merawat Anjing Alaskan Malamute Cocok Buat Para Pemula

Merawat Alaskan Malamute --

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID- Buat kamu para pecinta hewan, pasti gak asing lagi nih dengan hewan yang satu ini. Punya bentuk tubuh yang kekar dengan bulu yang tebal membuatnya sangat mudah dikenali dan dibedakan dari anjing lainnya. Mereka adalah anjing Alaska Malamute.

Bukan hanya bentuk fisik yang menyerupai serigala, Malmute punya kekuatan yang sangat besar layaknya serigala, mereka sangat akrab dan berteman baik dengan manusia. Sehingga Malmute jadi salah satu jenis hewan yang cocok untuk dipelihara.

Cara Simpel Merawat Anjing Alaskan Malamute

Bukan Cuma biaya sampai ketersediaan kandang, banyak sekali hal yang perlu kamu persiapkan sebelum memutuskan untuk memelihara Anjing Malamute. Salah satunya adalah pengetahuanmu dalam merawat malamute.

BACA JUGA:Resep Nasi Goreng Seafood Paling Enak, Dijamin Bikin Nambah Terus

Jangan sampai pengetahuanmu yang terbatas membuatmu abay untuk merawat Malamute peliharaanmu. Karena merawat anjing Alaskan Malamute memerlukan perhatian khusus karena sifat dan kebutuhan mereka. Berikut adalah panduan lengkap untuk merawat anjing jenis ini:

  1.  Perawatan Bulu

Jika kamu punya hewan peliharaan berbulu, perawatan wajib yang harus kamu lakukan tidak lain adalah grooming. Groming umum dilakukan pada hewan hewan yang punya bulu tebal seperti kucing dan juga anjing. Grooming adalah kegiatan mandi, keramas, mengeringkan bulu, bahkan menyisir

Alaskan Malamute memiliki bulu yang tebal sehingga dia memerlukan perawatan rutin. Selain grooming, kau perlu menyikat bulu Malamute secara teratur untuk menghindari kusut dan mengurangi kerontokan. Perawatan ini sangat penting terutama saat Malamute mengalami pergantian bulu.

BACA JUGA:10 Tips yang Perlu Kamu Perhatikan Jika Ingin Menjadi Guru Bimbel

Malamute mengalami kerontokan parah selama satu tahun dua kali. Dengan bulunya yang tebal dan berserat, pastikan kamu menyediakan sisir kusus untuk memeprmudamu menyisir bulu Malamute. Selama musim rontok, pastikan Anda melakukan perawatan tambahan untuk mengatasi bulu yang rontok, seperti pemberian obat sampai vitamin rambut.

  1.  Pemeriksaan Kesehatan dan  Gigi

Malamute rentan terhadap beberapa masalah kesehatan seperti katarak, gangguan tiroid, displasia siku, dan penyakit penyumbatan darah. Untuk itu kamu harus rutin membawa Malalmute ke dokter hewan untuk pemeriksaan kesehatan dan vaksinasi hewan.

Selain rutin ke dokter hewan, kamu juga pelu memperhatikan Kesehatan giginya. Karena jika jarang digosok, akan timbul plak dan perubahan warna pada bagian gigi. Kamu bisa menggosok gigi Malamute dua hingga tiga kali seminggu untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi.

  1.  Aktivitas Fisik

Karena sifatnya yang aktif, Alaskan Malamute perlu diajak eraktifitas dan olahraga yang cukup. Untuk mensiasatinya, kamu bisa mengajak malamute berjalan-jalan secara teratur dan beri waktu untuk bermain seperti berlari atau bermain bola.

BACA JUGA:5 Kelebihan yang Didapat Siswa Jika Bergabung Bimbel

Untuk melatih aktifitas fisik malamute, ada baiknya kamu untuk mempersiapkan area yang cukup luas di halaman atau taman untuk mengajaknya bermain atau berlari kecil. Karena mereka membutuhkan ruang terbuka untuk mengeksplorasi dan membakar energi.

  1.  Perawatan Kuku dan Telinga

Bukan cuma bulu, kamu juga perlu memperhatikan perawatan kuku dan telinga Malamute. Kebiasaanya menggali akan membuat kukunya jadi kotor dan meruncing. Jadi pastikan kamu merapikan kuku Malamute setidaknya dua minggu atau sebulan sekali untuk mencegah kuku yang kotor dan tajam yang akan berbahaya saat dirinya sedang menggaruk atau bermain di rumah.

Periksa dan bersihkan telinga anjing setiap minggu untuk mencegah bau, ruam, atau infeksi. Pastikan telinga tetap kering dan bersih.

  1.   Nutrisi Anjing Malamute

Berikan makanan khusus anjing yang berkualitas tinggi dan sesuai dengan kebutuhan Alaskan Malamute. Jika malamute peliaharaanmu suka makan dan membuatnya tampak gendut dari kamu bisa menerapkan program Diet dengan mengkonsumsi makanan berisi protein, vitamin, mineral, dan air yang cukup.

Hindari memebrikan makanan manusia kepada hewan peliharaan, termasuk kepada anjing Malamute. Karena kebiasaan ini justru berpotensi memberikan racun dan menggangu Kesehatan Malamute. Hindari makanan manusia seperti coklat, anggur, alpukat, kopi, dan alkohol untuk diberikan kepada Malamute.

  1.   Perlindungan dari Cuaca

Karena berasal dari daerah dingin, Malamute tidak tahan suhu panas. Pastikan mereka memiliki akses ke tempat teduh, area yang ber AC, dan cukup air untuk menjaga kenyamanan mereka. Hindari aktivitas fisik yang berat selama cuaca panas.

BACA JUGA:Tips Memilih Obat Batuk OTC yang Tepat: Panduan dari Dokter Spesialis

Kamu harus memilih kendang dengan suhu teduh yang lembab, untuk menikmati ruangan ber ac kamu bisa membawanya kedalam rumah setelah mandi dan bermain bersama. Kamu juga bisa membawanya keluar rumah untuk sekedar jogging dan jalan santai di sore hari atau dibawah rindang pohon.

  1.   Kebiasaan Menggali

Alaskan Malamute memiliki kebiasaan menggali. Sediakan area khusus di halaman atau taman untuk mereka menggali dan latih mereka untuk menggali hanya di tempat tersebut.

Dengan mengikuti panduan ini, Anda akan dapat memastikan bahwa Alaskan Malamute Anda tetap sehat, bahagia, dan nyaman.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: